Berkat Situs Facebook, Seorang Ibu Menemukan Anaknya Setelah 27 Tahun Hilang

Avril Grube Dan GavinSementara di Indonesia situs jejaring sosial Facebook menjadi kontroversi dari beberapa kalangan , ternyata bagi seorang ibu yang bernama Avril Grube facebook sangatlah berjasa baginya.

Berkat jasa situs jejaring sosial Facebook ini, Avril Grube dapat kembali dipersatukan dengan anaknya yang bernama Gavin setelah terpisah selama 27 tahun lamanya. Kamis lalu (28/5) kedua ibu dan anak tersebut dipertemukan dirumah Grube di Poole,Dorset, Inggris.

Meski sudah terpisah puluhan tahun, saya langsung mengenali dia begitu pertaama melihatnya. Matanya seperti mata saya,” ujar Grube penuh haru kepada The Times kemarin (30/5).

Menjelang pertemuan dengan Gavin, perempuan berusia 61 tahun itu tidak bisa tidur dan berdebar-debar. Dia tidak sabar untuk bertemu dengan putra sulungnya yang terakhir kali dilihatnya pada tahun 1982 tersebut.

Kisah ini dimulai pada tahun 1982, ketika Avril Grube bercerai dengan suaminya, Joseph, yang berasal dari Hongaria. Suatu hari, suaminya yang masih mendapatkan hak untuk mengunjungi anaknya yang masih Balita, mengajak anak berusia 3 tahun itu untuk jalan-jalan ke kebun binatang. Sejak itu bapak beserta anak itu tidak pernah menunjukkan batang hidungnya lagi.

Sejak itu pula Avril Grube sibuk mencari anak semata wayangnya itu, namun usahanya hanya sia-sia belaka. Kemungkinan anaknya itu telah diculik mantan suaminya, dan dibawa ke Hongaria. Tetapi tak ada informasi dimana mereka tinggal. Pada tahun 2006, dia mendengar suaminya telah meninggal, tetapi ia juga tetap tidak menemukan dimana anaknya berada.

Sebagai bagian dari usaha kerasnya untuk menemukan sang anak, Grube bahkan telah meminta Kedutaan Hongaria di Inggris dan Kedutaan Inggris di Hongaria untuk membantu melacak keberadaan anak dan suaminya.

Ia juga telah meminta mantan Perdana Menteri Inggris Margareth Thatcher, yang berkuasa pada tahun 80 – 90an, untuk membantu menemukan anaknya. Tetapi semua usahanya sia-sia, yang membuat kondisi kesehatannya semakin lama menjadi sakit-sakitan akibat stroke dan berbagai penyakit usia tua lain.

Sebuah keajaiban muncul pada akhir tahun lalu, ketika Beryl Wilson, saudara perempuan Avril Grube yang kini hidup bersamanya, melakukan searching internet, dan secara iseng memasukkan nama keponakannya itu, ke dalam fasilitas searching di Facebook.

Hasilnya sungguh diluar dugaan, ia menemukan orang yang mirip keponakannya, namun dengan identitas baru ia lahir di Liverpool, tetapi masih mencantumkan nama ibunya di belakang namanya. Setelah surat-suratan melalui email dengan orang tersebut, akhirnya Wilson, bisa memastikan bahwa orang tersebut, Gavin Paros, merupakan anak Avril Grube. “Ini sungguh luar biasa, saudaraku Avril Grube akan berbicara langsung dengannya melalui telepon besok,” ujar Wilson, Sabtu (30/5).

“Ini telah membuatnya senang, selama ini ia telah berusaha keras untuk menemukan anaknya kembali. Kini dia betul-betul bahagia,” ujar Wilson mengenai kondisi saudara perempuannya itu,” pada natal tahun lalu ia terkena stroke, diabetes dan gangguan pernapasan. Tetapi sekarang dia merasa lebih baik, dan berharap bisa meluangkan banyak waktu bersama anaknya itu.”

Adapun Gavin Paros, sekarang telah berumur 30 tahun dan telah berkeluarga dengan 3 orang anak. Ternyata selama ini ia juga sibuk mencari ibunya. Rupa-rupanya Facebook yang akhirnya memberikan jalan bagi pertemuan kembali setelah 27 tahun perpisahan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar